uya

Halo apa kabar semua…
Bagi yang muslim, semoga puasanya lancar aja ya..
Postingan kali ini membahas tentang Banned dan Penalty Google. Berat banget judulnya ya, jujur aja Uya bukan sebagai ahlinya untuk ngomongin hal ini, hanya sekedar share sejauh yang Uya tau dari berbagai sumber. Oke silahkan disimak, CEKIDOTZ…

Apa itu Banned dan Penalty Google?
Segaptek-gapteknya orang, setiap mendengar kata banned pasti yang muncul di kepalanya adalah “pemblokiran” atau “dilarang” atau apalah yang berhubungan dengan penolakan dari sang google. begitu juga dengan penalty, pasti yang dipikir adalah tendangan bebas menuju gawang yang dilakukan pemain bola,Lho…??? NGAWUR. Sebenarnya menurut kamus Tatang Sutarman (kata Sule), penalty dan banned google adalah sebuah tindakan google terhadap blog atau website apapun yang dianggap telah melakukan spam atau teknik black hat SEO (semacam teknik ‘kotor’ untuk memperoleh peringkat di search engine)

Pengertian Secara Umum
Banned Google, berarti website Anda dianggap google 100% telah melakukan spam dan isi website Anda tidak sesuai dengan apa yang di index google. Sebagai akibatnya website Anda 100% tidak di index google. Cara mencobanya gampang, cukup pakai kode site:domainanda.com. Bila tidak ada hasil pencariannya sama sekali berarti website tersebut telah di banned oleh google. contohnya seperti ini :

Di atas terlihat bahwa blog Uya masuk dalam hasil pencarian google, dengan kata lain tidak di banned. (bakalan GR bgt deh Uya kalo ampe dibanned, blog krecekan gini juga)
Sedangkan Penalty Google merupakan sebuah peringatan menuju banned google. Artinya website tersebut tidak 100% spam, hanya direktori yang dianggap spam saja yang dikeluarkan indexnya dari google. Misalkan halaman posting Anda 100% copy-paste dan melakukan tindakan spam lainnya maka sedikit demi sedikit index single posting Anda akan hilang dari index google, makanya bagi teman-temna yang masih newbie kaya Uya sebisa mungkin deh menghindari copy paste, kalaupun mau copas sebaiknya dengan etika-etika yang baik dan benar. Terkadang juga dalam satu direktori langsung hilang dalam sekejap misalkan domain.com/search/ tiba-tiba tidak ada di google sedangkan halaman yang lain aman-aman saja. Nah lo…. Kasus ini juga termasuk penalty google. Makanya WASPADALAH..WASPADALAH!! 

Cara Mengetahui Banned Google
Dari hasil penelusuran Uya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah suatu blog mendapat penalty atau banned dari Google, yaitu :
  1. Seperti yang udah Uya sebutkan di atas tadi, yaitu dengan ketik REG-Spasi-UYA trus kirim ke 7788. Maka teman-teman akan mendapat pemberitahuan bahwa anda telah dikerjai. Hihihihi….Serius lo nih, cara pertama bisa dengan  mengetik “site:domainanda.com” pada mesin Google seperti contoh Uya sebelumnya. Jika hasilnya tidak ada itu berarti akun atau  blog Sobat terkena banned google, jika berkurang di bandingkan dengan hari-hari sebelumnya, itu berarti akun / blog anda terkena penalty google atau Sobat jarang posting. Makanya kalau gak niat posting artikel gak usah buat blog, hihihihi….
  2. Cara kedua adalah dengan cara masuk atau kunjungi alamat bannedcheck.com disitu Sobat tinggal mengetikkan url blog Sobat dalam form dan klik Submit, anda akan diberi keterangan hasil dari bannedcheck apakah blog Sobat di banned oleh Google atau tidak. Seperti contoh berikut :



Hal-Hal Yang Membuat Google Marah (Banned dan Penalty)

Tindakan copy paste.

banyak banget dikalangan blogger bahkan Uya terkadang berbuat demikian. Tindakan seperti ini sebenarnya amat sangat merugikan baik dari si penjiplak atau yang dijiplak yang berakibat mendapat PLAK PLAK dari google. hehe..

Cloaking dan redirect.

Cloaking merupakan tindakan yang memasukan banyak keyword ke dalam sebuah halaman yang menyasar pada niche tertentu padahal halaman tersebut hanya sebuah halaman biasa dan tidak memuat informasi yang seperti keyword yang ditampilkan. Setelah itu kemudian di redicert atau diarahkan menuju sebuah halaman yang diinginkan.
Keyword yang sangat banyak misalnya tentang bokep atau mesin pencari uang (itu lho yang kata-katanya diulang2 terus)

Menggunakan software pemerbanyak link.

biasanya blogger yang ambisius untuk mendapat rangking blog menggunakan software tertentu untuk hal semacam ini. Semakin banyak link yang mengarah ke blog kita akan membuat ranking blog kita semakin baik juga. Tapi, menggunakan software untuk melakukan hal demikian dengan menggenerate link secara otomatis menuju blog kita akan memicu tindakan banned oleh google. Lakukan saja blogroll secara biasa, bisa dengan selalu berkunjung ke blog-blog orang dan berteman seperti yang Uya lakukan, nambah teman secara alami dengan cara gitu lebih aman dan terasa manfaatnya.

Teks dan link tersembunyi.

Teks dan link yang tersembunyi ini tidak dapat dideteksi dengan melihat secara biasa. Dengan menggunakan teks dan link tersembunyi ini memang dapat menaikan posisi rangking sebuah blog, tapi justru akan membuat blog kita semakin mudah untuk dibanned oleh google.

Munculnya virus.

Kadang kala tanpa disadari blog kita disusupi oleh virus yang masuk. Dan dengan adanya virus ini akan membuat blog kita menjadi tidak segan-segan untuk dibanned google. Cara untuk mencegahnya adalah berikan verifikasi dalam kotak komentar agar blog terhindar dari virus dan
spam. Tapi di satu sisi, kalangan blogger  ingin memanjakan sobat yang ingin berkomentar tanpa harus mengetik kode-kode verifikasi tersebut sehingga hal ini kembali lagi kepada si pemilik blognya itu sendiri.

Konten dewasa.

untuk hal ini sudah pasti sebenarnya dilarang, Bagaimana pun juga mempublikasikan konten dewasa melalui media blog itu sangat tidak dianjurkan . Akan tetapi, google memberikan toleransi dengan mewajibkan setiap blog yang menampilkan konten dewasa harus memberikan sebuah tanda jika blog tersebut menampilkan konten dewasa di dalamnya. Cara yang demikian ini sudah tercantum dalam fitur di blogger. Tapi daripada memuat konten dewasa kenapa gak membuat konten yang mendewasan saja yak an. Marilah kita sama-sama menciptakan budaya blog yang sehat.

Kebanyakan posting

Maksimal posting sehari lima-delapan artikel saja, terkadang ada blogger yang kerajinan dalam satu hari membuat postingan samapi 20 artikel, hahaha…. Kurang kerjaan. Bayangkan saja jika seluruh duni melakukan hal seperti itu, maka akan memberatkan server Google aja. Dan juga, jika dalam sehari bisa memposting sebanyak itu, pastilah itu kegiata copy paste dan melanggar lagi aturan dari google, kena lagi deh point pelanggarannya. Maka dari itu, untuk amanya saja, maksimal 5-8 postingan saja dalam satu hari, lewat dari itu maka akan dianggap SPAM oleh Google.

Nah, sampai di situ dulu ya pembahasan uya kali ini. Semoga sedikit ilmu ini bermanfaat bagi sobat sekalian..






Label: | edit post
1 Response
  1. Riizhu Says:

    kalau memposting tapi pake tanggal masa lalu gitu, itu bisa kena penalty ngga?


Posting Komentar

Hei "Scooby"! Sudah Puas Jalan-Jalan? Jangan Lupa Comment Ya.